Container Icon

Manfaat Bunga Krisan

Bunga Krisan dengan nama latin (Chrysanthemum indicum L )  adalah tanaman hias perdu atau semi perdu berasal dari Jepang dan Cina Utara. Banyak yang mengetahui bahwa bunga ini berkhasiat sebagai obat. 

Jenis penyakit yang dapat diobati dengan tanaman ini antara lain influenza, bahkan membersihkan liver.
Bunga krisan masih satu family dengan bunga aster dan daisy yaitu termasuk family Asteraceae. Bunga krisan merupakan tanaman hias yang multi manfaat. Bunga ini merupakan salah satu tanaman hias yang mempunyai keanekaragaman warna dan bentuk bunga.
Selain sebagai tanaman hias, tanaman Krisan juga dibudidayakan sebagai ramuan kesehatan, seperti di Jepang, kelopak Bunga krisan juga dipercaya dapat memberikan kesehatan apabila diminum bersama segelas anggur. Selain itu juga tersedia obat-obatan berbahan baku krisan. Minuman teh krisan juga banyak dijumpai. Krisan yang dijadikan minuman adalah krisan berwarna kuning dan putih.

Selain bermanfaat sebagai relaksasi, teh krisan juga dipercaya berkhasiat menyembuhkan. Teh ini menyegarkan tenggorokan, memperindah bentuk tubuh, memulihkan kesehatan, dan baik untuk menjaga kesehatan mata. Seorang ahli tanaman obat mengatakan, untuk tumbuhan sejenis Bunga krisan biasanya mengandung zat antioksidan yang mampu menyerap racun dalam tubuh.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS